Senin, 21 Februari 2011

Cin(T)a (Ternyata berbeda itu yang bikin film ini Indah)

(2009, Sembilan Matahari Film, played by : Sunny Soon dan Saira Jihan. Directed by : Sammaria Simanjuntak)

Saya pernah beberapa kali denger tentang film ini, saya pikir ceritanya akan sedikit vulgar dan absurd seperti: ‘Mereka bilang saya monyet’ atau ‘Babi yang Ingin Terbang’..yeah kind of that indie movie lah...film-film yang cuma dimengerti oleh orang ber-IQ 140 ke atas atau yang bikin film itu sendiri. Tapi ternyata pendapat saya salah. Film ini manis...dengan caranya sendiri. Bukan jenis film dengan ending happily ever afternya Cinderela juga sih, ga ada lah pelukan bahagia sepasang kekasih di sebuah jembatan atau terminal keberangkatan bandara.


Cin(T)a bercerita tentang seorang mahasiswa baru ITB bernama Cina (lucu juga alasan kenapa dia dinamakan Cina : “Bapak aku mau kasih nama cina (nama pake marga cina gitu kali maksudnya), tapi sama petugas pembuat aktenya dibuatkan namaku CINA” ) seorang Batak Cina kristen yang jatuh cinta pada Anisa, gadis jawa, muslim, cantik, artis dan kakak tingkatnya di arsitektur. Cinta mereka bergulir indah di atas semua perbedaan itu, dialog-dialog cerdas mengalir di antara keduanya. Walau kadang suka terganggu dengan kualitas audio film ini. Percakapan keduanya kadang susah didengar karena musik yang melatari terlalu kencang.

Selama nyaris 90 menit, Cina (diperankan dengan baik oleh Sunny Soon) mengubah opini saya tentang etnis Tionghoa di Indonesia. Sebelum nonton film ini saya selalu berstereotype kalo warga keturunan tu eksklusif, tajir, pelit, sombong, belagu, cenderung hanya mau bergaul dengan golongannya sendiri. Tapi Cina membuktikan kalo ada warga keturunan yang down to earth, sangat nasionalis (dia memasang garuda pancasila di kamarnya), dan ramah. I do really love Cina in this movie.

Pada akhirnya kisah cinta ini memang tak berakhir bahagia, tapi sedikit membuka mata saya bahwa cinta tu ngga pernah salah, toh memang cinta tidak harus berakhir dalam sebuah institusi bernama pernikahan. Love is beautiful in many ways..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar